RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : FIQH IBADAH
Kelas/Semester :
XI SMA/II
Waktu : 1x80 menit (1 kali
pertemuan)
Aspek : FIQH

A.
Standar Kompetensi :
Memahami Qurban dan Aqiqah
B.
Kompetensi Dasar :1. Memahami ketentuan dan cara-cara berqurban
2. Memahami ketentuan dan tata cara Aqiqah
C.
Indikator :1. a. Menjelaskan pengertian
dan dasar hukum Qurban
1. b. Menjelaskan syarat-syarat hewan qurban
1.
c. Menjelaskan tata cara penyembelihan
hewan qurban.
1.
d. Menjelaskan ketentuan pembagian
daging qurban
1. e. Menjelaskan hikmah ibadah qurban
1. f. Mempraktikkan latihan qurban
2. a. Menjelaskan pengertian dan hukum aqiqah
2. b. Menjelaskan syarat-syarat aqiqah
2.
c. Menjelaskan rangkaian amalan
berkaitan dengan aqiqah
2. d. Menjelaskan cara membagi daging aqiqah
2. e. Menyebutkan hikmah aqiqah
D.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1.
Menjelaskan
pengertian dan dasar hukum Qurban.
2.
Menjelaskan
syarat-syarat hewan qurban.
3.
Menjelaskan
tata cara penyembelihan hewan qurban.
4.
Menjelaskan
ketentuan pembagian daging qurban.
5.
Menjelaskan
hikmah ibadah qurban.
6.
Mempraktikkan
latihan qurban.
7.
Menjelaskan
pengertian dan hukum aqiqah.
8.
Menjelaskan
syarat-syarat aqiqah.
9.
Menjelaskan
rangkaian amalan berkaitan dengan aqiqah.
10.
Menjelaskan
cara membagi daging aqiqah.
11.
Menyebutkan
hikmah aqiqah.
E.
Materi Ajar (Materi pokok)

F.
PENDEKATAN
Pendekatan yang digunakan dalam
pembelajaran ini adalah, pendekatan emosional, pendekatan rasional, pendekatan
fungsional, dan pendekatan pembiasaan.
G.
METODE PEMBELAJARAN
Metode pembelajaran yang akan saya gunakan dalam menyampaikan
materi ini, seperti disebut dalam kompetensi dasar dan juga disajikan dalam
peta konsep akan saya jabarkan dibawah ini:
1.
Untuk
KD mengenai memahami ketentuan dan cara-cara berqurban saya menggunakan metode
ceramah dan resitasi. Karena ketika penjelasan konsep saya menggunakan ceramah,
sedangkan untuk mengetahui hafalan anak didik saya terkait hukum sujud, saya
menggunakan resitasi.
2.
Untuk
KD mengenai tata cara sujud saya menggunakan metode demonstrasi.
Metode
pembelajaran yang akan saya gunakan dalam menyampaikan materi ini, seperti
disebutkan dalam kompetensi dasar dan juga disajikan dalam peta konsep akan
saya jabarkan dibawah ini:
1.
2.
3. Untuk KD mengenai
pengamalan atau mempraktekan sujud, saya meggunakan metode portofolio.
Metode yang digunakan dalam
pembelajaran ini antara lain menggunakan metode ceramah, demontrasi dan
portofolio.
H.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1.
Kegiatan
Awal (10 menit)
a.
Salam,
berdoa dan menanyakan keadaan siswa serta memberi motivasi belajar.
b.
Merapikan
kelas, menertibkan siswa dan membaca buku absensi siswa.
c.
Guru
memberitahukan kepada siswa tentang tujuan pembelajaran dan materi yang akan
dipelajari hari ini.
d.
Guru
melakukan tanya jawab tentang pelajaran sebelumnya dan dikaitkan dengan materi
yang akan dipelajari.
e.
Guru
memberikan soal pretes untuk memberikan apresepsi tentang materi yang
dipelajari.
2.
Kegiatan
Inti (60 menit)
KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
PERTEMUAN
PERTAMA
Eksplorasi
a.
Menerangkan konsep dan mengaitkan dengan yang diajarkan
dengan fenomena kehidupan sehari-hari.
b.
Guru bertanya kepada peserta didik tentang materi hari
ini, untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan mereka.
|
10 menit
|
Elaborasi
a.
Guru
menerangkan materi.
b.
Peserta
didik dirangsang untuk menjawab pertanyaan berdasarkan slide yang sudah
disediakan.
c.
Peserta
didik diperintah untuk mendemontrasikan materi.
d.
Peserta
didik mendiskusikan materi bersama guru di kelas.
|
60 menit
|
Konfirmasi
a). Memberikan apresiasi kepada
siswa yang aktif mengikuti pembelajaran.
b). Membacakan surat Al kautsar
1-2 sebagai penutup kegiatan.
|
10 menit
|
3.
Kegiatan
Akhir (10 Menit)
a.
Refleksi
pembelajaran terkait proses pembelajaran dan guru memberikan kesempatan kepada
siswa untuk bertanya tentang materi yang belum dipahami.
b.
Menyimpulkan
materi pembelajaran.
c.
Guru
memberi tugas mengerjakan soal yang terdapat dalam buku paket atau LKS terkait
materi kepada peserta didik.
d.
Melakukan
penilaian terhadap partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran.
e.
Guru
mengakhiri pelajaran dengan berdoa bersama dan salam.
I.
ALAT/SUMBER BELAJAR
1.
Buku
Fiqh Ibadah
2.
Sumber-sumber
dari internet
3.
Papan
Tulis / Spidol
4.
LCD
Proyektor
5.
Laptop
6.
LKS
7.
Power
point
J.
EVALUASI
1.
Evaluasi Proses
Dilaksanakan ketika proses belajar mengajar berlangsung, adapun
cara evaluasinya dengan pengamatan. Hal yang perlu diamati adalah aspek
kognitif, afektif dan psikomotorik. Salah satu caranya adalah:
a.
Penilaian
Kognitif : Pertanyaan lisan dan tulisan.
b.
Penilaian
Afektif : Lembar pengamatan peserta didik.
c.
Penilaian
Psikomotorik : Lembar observasi
1) contoh lembar pengamatan peserta
didik
No
|
Nama Siswa
|
Konsep
|
Partisipasi
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
1.
2.
3.
Dst.
|
2.
Evaluasi Hasil
Dilakukan
dengan menggunakan tes tertulis berbentuk essay dan penilaian pada praktek
siswa. Contoh soal essay adalah:
1. Jelaskan pengertian Qurban dan Aqiqah!
2. Sebutkan syarat-syarat hewan Qurban dan
Aqiqah!
3. Sebutkan ketentuan dalam Qurban dan Aqiqah!
4. Sebutkan tata cara penyembelihan Qurban dan
Aqiqah!
5. Tulislah salah satu dalil atau ayat tentang
hukum Qurban dan Aqiqah!
3.
Format
Kriteria Penilaian
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Konsep
Partisipasi
|
* semua
benar
* sebagian
besar benar
* sebagian
kecil benar
* semua
salah
*
aktif berpartisipasi
*
sebagian besar aktif
*sebagian
kecil aktif
* tidak
aktif
|
A
B
C
D
A
B
C
D
|
4. Kriteria Nilai
A = 80 – 100
: Baik Sekali
C
= 60 – 69 : Cukup
B = 70 – 79 :
Baik D
= ‹ 60 : Kurang
Nilai = Jumlah skor perolehan / Jumlah aspek
Bantul, Oktober 2014
Mengetahui,
Guru Mapel Fiqh Ibadah
Kepala
Sekolah


NIP. NIM.
No comments:
Post a Comment